BUMDes

Lokadata Webinar Desa #2: Optimalisasi Aset Desa untuk Pengembangan BUMDes

Tiga bahasan utama dalam webinar ini: (1) Pemahaman kebijakan pengelolaan aset desa; (2) Strategi dan mekanisme pemanfaatan aset desa sesuai dengan regulasi; (3) Pengalaman atau praktik baik pemanfaatan aset desa.

Syarahsmanda Sugiartoputri
Lokadata Webinar Desa #2: Optimalisasi Aset Desa untuk Pengembangan BUMDes
Lokadata Webinar Desa #2 “Optimalisasi Aset Desa untuk Pengembangan BUMDes”. Lokadata / Lokadata

Kementerian Dalam Negeri menerbitkan regulasi yang mengatur tentang pengelolaan aset desa yakni Permendagri Nomor 1 Tahun 2016. Regulasi yang membuka peluang bagi Pemerintah Desa untuk mendorong BUMDes mengoptimalkan aset yang dimiliki desa melalui penyertaan modal. Apalagi, salah satu peran strategis yang dapat dilakukan BUMDes adalah memanfaatkan aset desa.

Berdasarkan asesmen yang dilakukan Lokadata dan PT Djarum, pengembangan BUMDes mengalami banyak permasalahan. Permasalahan–permasalahan tersebut adalah: (1) Kurangnya pemahaman para pengelola BUMDes, dan Pemerintah Desa tentang kebijakan, strategi dan mekanisme pengelolaan aset desa; (2) Kurangnya pemahaman para pendamping desa dan pendamping lokal desa dalam pendampingan desa untuk memanfaatkan aset desanya.

Untuk menjawab persoalan di atas Lokadata dan PT Djarum akan menyelenggarakan Lokadata Webinar Desa #2 mengangkat tema “Optimalisasi Aset Desa untuk Pengembangan BUMDes” yang akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal: Kamis, 26 November 2020

Tempat: Kanal Zoom

Waktu: 14.00-17.00 WIB

Bersama para pembicara dari Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kemendesa*, Dr. Eko Prasetyanto (Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Desa, Ditjen Bina Pemerintah Desa, Kementerian Dalam Negeri), Marthen Ragowino Bira (Kepala Desa Tebara, Kecamatan Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, NTT), dan Mohamad Dian Revindo., Ph.D (LPEM-FE Universitas Indonesia) serta Iqbal Prakasa dari Lokadata.ID akan memfasilitasi pembahasan dari para pembicara tersebut mengenai pentingnya optimalisasi aset desa untuk pengembangan BUMDes.

Setelah mengikuti webinar ini, harapannya peserta akan mendapatkan: (1) Pemahaman kebijakan pengelolaan aset desa yang ada; (2) Pemahaman strategi dan mekanisme pemanfaatan aset desa sesuai dengan regulasi; (3) Pengetahuan praktik baik pemanfaatan aset desa yang sudah dilakukan oleh desa lain untuk mendorong desa-desa agar mampu mengoptimalkan aset desa yang dimiliki.

Silahkan daftar di https://s.lokadata.id/WebinarDesa2 untuk keikutsertaan. Tautan acara webinar (zoom) secara otomatis dikirim ke email yang didaftarkan. Jangan lupa mengajak sahabat lain yang tertarik pada pengembangan BUMDes dan pembangunan desa.

Sampai jumpa di webinar! Salam sehat!

#LokadataDesa

*Menunggu konfirmasi

Baca Lainnya

BUMDes, pintu gerbang menuju desa swasembada
BUMDes

BUMDes, pintu gerbang menuju desa swasembada

“Bagi kami di Desa Tebara, jalan terbaik menuju kemandirian desa adalah dengan BUMDes. Desa harus memberdayakan BUMDesnya sehingga bisa menjadi lokomotif ekonomi di desa,” tutur Marthen Bira, Kepala Desa Tebara, NTT.

Syarahsmanda Sugiartoputri