BUMDes

Lokadata Webinar Desa #1: Adaptasi Bisnis BUMDes Pada Masa Kenormalan Baru

Webinar ini akan membedah regulasi pemerintah terkait pemulihan ekonomi Desa dan BUMDes. Kemudian kiat dan strategi pengelolaan BUMDes dalam masa pandemi. Serta bagaimana memanfaatkan e-commerce dan media sosial sebagai peluang untuk mengenalkan dan memasarkan produk desa.

Martyn Kho
Lokadata Webinar Desa #1: Adaptasi Bisnis BUMDes Pada Masa Kenormalan Baru
Lokadata Webinar Desa #1: Adaptasi Bisnis BUMDes Pada Masa Kenormalan Baru Lokadata /

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai motor penggerak perekonomian desa turut terdampak Covid-19. Namun, di tengah pandemi yang masih mewabah, pemerintah menetapkan kebijakan kenormalan baru untuk pemulihan ekonomi dengan berbagai program.

Desa dan BUMDes dituntut menghadapi kenormalan baru. Bagi pemerintah desa, perlu adanya kesiapan dan mengubah strategi kebijakan pembangunan. Sedangkan bagi BUMDes perlu adanya kesiapan mengubah strategi usaha agar bisnis tetap berjalan.

Dari asesmen yang dilakukan Lokadata dan PT Djarum, ditemukan banyak BUMDes yang sulit berkembang. Seperti BUMDes mengalami kesulitan memasarkan produknya karena daya beli masyarakat yang menurun. Selain itu pengelola BUMDes belum siap mengubah strategi usaha dan memanfaatkan peluang yang dimiliki.

Untuk menjawab persoalan itu Lokadata dan PT Djarum menyelenggarakan webinar #1 dengan tema “Adaptasi Bisnis BUMDes Pada Masa Kenormalan Baru” yang akan berlangsung pada:

Hari/Tanggal: Kamis, 19 November 2020

Tempat: Kanal Zoom

Waktu: 14.00-17.00 WIB

Pembicara yang akan dihadirkan: Drs. Samsul Widodo, MA (Dirjen Pembangunan Daerah Tertinggal, Kemendesa PDTT), Dewa Komang Yudi Astara (Pembina BUMDes Giri Artha Desa Tembok, Kab. Buleleng), dan Andreas Ardian P. (VP of Galeri Indonesia @Blibli). Acara akan dipandu oleh Iqbal Prakasa (Lokadata.ID).

Harapannya, setelah mengikuti webinar ini peserta mendapatkan gambaran jelas tentang regulasi dan arah kebijakan pemerintah terkait pemulihan ekonomi Desa dan BUMDes. Selain itu kiat dan panduan serta strategi pengelolaan BUMDes dalam masa pandemi. Serta jeli dalam memanfaatkan e-commerce dan media sosial sebagai peluang untuk mengenalkan dan memasarkan produk desa.

Silahkan daftar di https://s.lokadata.id/WebinarDesa1 untuk keikutsertaan. Tautan acara webinar (zoom) secara otomatis dikirim ke email yang didaftarkan. Jangan lupa mengajak sahabat yang tertarik pada pengembangan BUMDes dan pembangunan desa.

Sampai jumpa di webinar! Salam sehat!

#LokadataDesa

Baca Lainnya

Manis Nanas di Kualu Nenas
Desa

Manis Nanas di Kualu Nenas

“Nenas” dalam Desa Kualu Nenas, Kecamatan Tambang, bukan nama sematan belaka. Inilah desa penghasil nanas salah satu desa penghasil nanas terbesar di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Zulfa Amira Zaed